KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH
SEMESTER GASAL
MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA KELAS VII (K.13)
SMP NEGERI 3 GIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Jenis soal
|
No soal
|
1
|
3.1Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
Tujuan
komunikasi teks deskripsi
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan ciri tujuan teks deskripsi dengan tepat
|
PG
|
1
|
2
|
Tujuan
komunikasi teks deskripsi
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut dengan
tepat
|
PG
|
2
|
|
3
|
Ciri isi teks
deskripsi
|
Siswa
dapat menentukan ciri isi teks deskripsi dengan tepat
|
PG
|
3
|
|
4
|
Ciri
bahasa teks deskripsi
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan ciri
teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa
|
PG
|
4
|
|
5
|
Jenis
teks deskripsi
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan jenis teks deskripsi dengan
tepat
|
PG
|
5
|
|
6
|
Definisi
teks deskripsi
|
Siswa
dapat menentukan definisi teks deskripsi dengan tepat
|
Isian singkat
|
1
|
|
7
|
Kata
umum dan kata khusus
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan penggunaan kata umum dan kata
khusus dalam teks dengan tepat
|
Isian singkat
|
2
|
|
8
|
4.1Menentukan isi
teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah,
kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
|
Isi
teks deskripsi
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menjawab pertanyaan isi teks dengan
tepat.
|
PG
|
6
|
9
|
Isi
teks deskripsi
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan pernyataan yang tidak sesuai
dengan isi teks dengan tepat.
|
PG
|
7
|
|
10
|
Isi
teks deskripsi
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan
isi teks dengan tepat.
|
PG
|
8
|
|
11
|
Isi
teks deskripsi
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya
terdapat dalam teks dengan tepat.
|
PG
|
9
|
|
12
|
3.2Menelaah struktur dan unsur
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
Kalimat bermajas
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat bermajas dalam teks
dengan tepat
|
PG
|
10
|
13
|
Kata
depan
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat yang memakai kata
depan di dengan tepat
|
PG
|
11
|
|
14
|
Sinonim
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan sinonim kata yang dicetak tebal
dengan tepat
|
Isian singkat
|
3
|
|
15
|
Kata
berimbuhan
|
Disajikan
sebuah kalimat, siswa dapat menentukan kata dasar dari kata berimbuhan meN- yang dipakai dalam kalimat
tersebut
|
Isian singkat
|
4
|
|
16
|
Kata
berimbuhan
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kata berimbuhan meN- dengan kata dasar berawalan k, p,
t, dan s
|
Uraian
|
2
|
|
17
|
Struktur
teks deskripsi
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan bagian struktur teks dengan
tepat.
|
PG
|
12
|
|
18
|
Struktur teks
deskripsi
|
Siswa dapat menentukan
paragraf yang merupakan struktur deskripsi bagian dengan tepat
|
PG
|
13
|
|
19
|
Struktur
teks deskripsi
|
Siswa
dapat menentukan struktur teks deskripsi dengan tepat
|
Isian singkat
|
5
|
|
20
|
Struktur
teks deskripsi
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi yang masih acak, siswa dapat mengurutkan teks sesuai
strukturnya dengan tepat
|
Uraian
|
1
|
|
21
|
Penggunaan ejaan
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat yang terdapat
kesalahan ejaan
|
PG
|
14
|
|
22
|
Menyunting ejaan
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat memperbaiki kesalahan ejaan dengan tepat
|
PG
|
15
|
|
23
|
Pemakaian tanda
baca
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat yang terdapat
kesalahan tanda baca
|
PG
|
16
|
|
24
|
Menyunting
pemakaian tanda baca
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat memperbaiki kesalahan tanda baca dengan tepat
|
PG
|
17
|
|
25
|
Jenis
pola pengembangan deskripsi bagian
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan jenis pola pengembangan
deskripsi bagian dengan tepat
|
PG
|
18
|
|
26
|
Kalimat efektif
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat yang tidak efektif
|
PG
|
19
|
|
27
|
Menyunting
kalimat tidak efektif
|
Disajikan
kutipan teks deskripsi, siswa dapat memperbaiki kalimat tidak efektif dengan
tepat
|
PG
|
20
|
|
28
|
4.2Menyajikan
data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsitentang objek (sekolah,
tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara
tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik secara
lisan dan tulis
|
Menulis
teks deskripsi
|
Siswa
dapat mendeskripsikan lingkungan sekolah masing-masing dengan tepat
|
Uraian
|
3
|
29
|
3.3Mengidentifikasi unsur-unsur
teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
|
Karakteristik
cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan peristiwa ajaib yang dialami
tokoh dengan tepat
|
PG
|
21
|
30
|
Karakteristik
cerita fantasi
|
Siswa
dapat menentukan karakteristik ide cerita fantasi dengan tepat
|
Isian singkat
|
6
|
|
31
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan latar suasana cerita dengan
tepat
|
PG
|
22
|
|
32
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan bukti latar cerita dengan tepat
|
PG
|
23
|
|
33
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan tema cerita dengan tepat
|
PG
|
24
|
|
34
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Siswa
dapat mendefinisikan alur cerita dengan tepat
|
Isian singkat
|
7
|
|
35
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan sudut pandnag penceritaan
dengan tepat
|
Isian singkat
|
8
|
|
36
|
Jenis cerita
fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan jenis cerita fantasi dengan
tepat
|
PG
|
25
|
|
37
|
Jenis
cerita fantasi
|
Siswa
dapat menentukan jenis cerita fantasi dengan tepat
|
Isian singkat
|
9
|
|
38
|
Jenis
cerita fantasi
|
Siswa
dapat menentukan kutipan cerita yang merupakan contoh cerita fantasi irisan
|
PG
|
26
|
|
39
|
4.3Menceritakan kembali isi
teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan tokoh utama dalam cerita
dengan tepat
|
PG
|
27
|
40
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan latar cerita dengan tepat
|
PG
|
28
|
|
41
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan pesan cerita dengan tepat
|
PG
|
29
|
|
42
|
Unsur-unsur
pembangun cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan latar dan watak tokoh cerita
disertai data pendukungnya dengan tepat.
|
Uraian
|
4
|
|
43
|
Mengurutkan
peristiwa cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi yang masih acak, siswa dapat mengurutkan cerita dengan
tepat
|
PG
|
30
|
|
44
|
Mengurutkan
peristiwa
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan peristiwa yang dialami oleh
tokoh cerita dengan tepat
|
PG
|
31
|
|
45
|
3.4Menelaah
struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
|
Struktur
cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan bagian struktur cerita dengan
tepat
|
PG
|
32
|
46
|
Struktur cerita
fantasi
|
Siswa dapat
menentukan kutipan cerita fantasi yang merupakan bagian dari struktur
komplikasi dengan tepat
|
PG
|
33
|
|
47
|
Variasi pola
pengembangan struktur cerita fantasi
|
Siswa dapat
menentukan kutipan cerita fantasi yang merupakan bagian dari struktur
komplikasi yang dikembangkan dengan mengubah latar cerita
|
PG
|
34
|
|
48
|
Variasi
pola pengembangan struktur cerita fantasi
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan pola pengembangan bagian
struktur orientasi dengan tepat
|
PG
|
35
|
|
49
|
Karakteristik
bagian-bagian struktur cerita fantasi
|
Siswa dapat
menentukan karakteristik struktur orientasi dengan tepat
|
PG
|
36
|
|
50
|
Karakteristik
bagian-bagian struktur cerita fantasi
|
Siswa
dapat menentukan karakteristik struktur resolusi dengan tepat
|
Isian singkat
|
10
|
|
51
|
Kesalahan
pemakaian ejaan
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan kalimat yang terdapat
kesalahan penggunaan ejaan
|
PG
|
37
|
|
52
|
Menyunting ejaan
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat memperbaiki kesalahan ejaan dengan tepat
|
PG
|
38
|
|
53
|
|
Kata
hubung
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan kata hubung penanda urutan
waktu dengan tepat
|
PG
|
39
|
54
|
Kalimat langsung
|
Disajikan
beberapa kalimat langsung, siswa dapat menentukan penulisan kalimat langsung
yang tepat
|
PG
|
40
|
|
55
|
Menyunting
kalimat langsung
|
Disajikan
kutipan cerita fantasi, siswa dapat memperbaiki penulisan kalimat langsung
dengan tepat
|
Uraian
|
5
|
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 3 Girimarto
Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.
19630530 199512 1 001
|
Giirimarto, Agustus 2017
Guru
Bahasa Indonesia
Dra. Endang Sulistuyorini
NIP.
19650311 200212 2 003
|
Komentar
Posting Komentar