KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII (K.13)
SMP NEGERI 3 GIRIMARTO  KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Jenis soal
No soal
1
3.1Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
Tujuan komunikasi teks deskripsi
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan  ciri tujuan teks deskripsi dengan tepat
PG
1
2
Tujuan komunikasi teks deskripsi
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan tujuan teks tersebut dengan tepat
PG
2
3
Ciri isi teks deskripsi
Siswa dapat menentukan ciri isi teks deskripsi dengan tepat
PG
3
4
Ciri bahasa teks deskripsi
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa
PG
4
5
Jenis teks deskripsi
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan jenis teks deskripsi dengan tepat
PG
5
6
Definisi teks deskripsi
Siswa dapat menentukan definisi teks deskripsi dengan tepat
Isian singkat
1
7
Kata umum dan kata khusus
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan penggunaan kata umum dan kata khusus dalam teks dengan tepat
Isian singkat

2
8
4.1Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
Isi teks deskripsi
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menjawab pertanyaan isi teks dengan tepat.
PG
6
9
Isi teks deskripsi
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks dengan tepat.
PG
7
10
Isi teks deskripsi
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
PG
8
11
Isi teks deskripsi
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks dengan tepat.
PG
9
12
3.2Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
Kalimat bermajas
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat bermajas dalam teks dengan tepat
PG
10
13
Kata depan
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat yang memakai kata depan di dengan tepat
PG
11
14
Sinonim
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan sinonim kata yang dicetak tebal dengan tepat
Isian singkat
3
15
Kata berimbuhan
Disajikan sebuah kalimat, siswa dapat menentukan kata dasar dari kata berimbuhan meN- yang dipakai dalam kalimat tersebut
Isian singkat
4
16
Kata berimbuhan
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kata berimbuhan meN- dengan kata dasar berawalan k, p, t, dan s
Uraian
2
17
Struktur teks deskripsi
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan bagian struktur teks dengan tepat.
PG
12
18
Struktur teks deskripsi
Siswa dapat menentukan paragraf yang merupakan struktur deskripsi bagian dengan tepat
PG
13
19
Struktur teks deskripsi
Siswa dapat menentukan struktur teks deskripsi dengan tepat
Isian singkat
5
20
Struktur teks deskripsi
Disajikan kutipan teks deskripsi yang masih acak, siswa dapat mengurutkan teks sesuai strukturnya dengan tepat
Uraian
1
21
Penggunaan  ejaan
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat yang terdapat kesalahan ejaan
PG
14
22
Menyunting ejaan
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat memperbaiki  kesalahan ejaan dengan tepat
PG
15
23
Pemakaian tanda baca
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat yang terdapat kesalahan tanda baca
PG
16
24
Menyunting pemakaian tanda baca
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat memperbaiki  kesalahan tanda baca dengan tepat
PG
17
25
Jenis pola pengembangan deskripsi bagian
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan jenis pola pengembangan deskripsi bagian dengan tepat
PG
18
26
Kalimat efektif
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat menentukan kalimat yang tidak efektif
PG
19
27
Menyunting kalimat tidak efektif
Disajikan kutipan teks deskripsi, siswa dapat memperbaiki kalimat tidak efektif dengan tepat
PG
20
28
4.2Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsitentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan dan tulis
Menulis teks deskripsi
Siswa dapat mendeskripsikan lingkungan sekolah masing-masing dengan tepat
Uraian
3
29
3.3Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
Karakteristik cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan peristiwa ajaib yang dialami tokoh dengan tepat
PG
21
30
Karakteristik cerita fantasi
Siswa dapat menentukan karakteristik ide cerita fantasi dengan tepat
Isian singkat
6
31
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan latar suasana cerita dengan tepat
PG
22
32
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan bukti  latar cerita dengan tepat
PG
23
33
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan tema cerita dengan tepat
PG
24
34
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Siswa dapat mendefinisikan alur cerita dengan tepat
Isian singkat
7
35
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan sudut pandnag penceritaan dengan tepat
Isian singkat
8
36
Jenis cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan jenis cerita fantasi dengan tepat
PG
25
37
Jenis cerita fantasi
Siswa dapat menentukan jenis cerita fantasi dengan tepat
Isian singkat
9
38
Jenis cerita fantasi
Siswa dapat menentukan kutipan cerita yang merupakan contoh cerita fantasi irisan
PG
26
39
4.3Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan tokoh utama dalam cerita dengan tepat
PG
27
40
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan latar cerita dengan tepat
PG
28
41
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan pesan  cerita dengan tepat
PG
29
42
Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan latar dan watak tokoh cerita disertai data pendukungnya dengan tepat.
Uraian
4
43
Mengurutkan peristiwa cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi yang masih acak, siswa dapat mengurutkan cerita dengan tepat
PG
30
44
Mengurutkan peristiwa
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan peristiwa yang dialami oleh tokoh cerita dengan tepat
PG
31
45
3.4Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
Struktur cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan bagian struktur cerita dengan tepat
PG
32
46
Struktur cerita fantasi
Siswa dapat menentukan kutipan cerita fantasi yang merupakan bagian dari struktur komplikasi dengan tepat
PG
33
47
Variasi pola pengembangan struktur cerita fantasi
Siswa dapat menentukan kutipan cerita fantasi yang merupakan bagian dari struktur komplikasi yang dikembangkan dengan mengubah latar cerita
PG
34
48
Variasi pola pengembangan struktur cerita fantasi
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan pola pengembangan bagian struktur orientasi dengan tepat
PG
35
49
Karakteristik bagian-bagian struktur cerita fantasi
Siswa dapat menentukan karakteristik struktur orientasi dengan tepat
PG
36
50
Karakteristik bagian-bagian struktur cerita fantasi
Siswa dapat menentukan karakteristik struktur resolusi dengan tepat
Isian singkat
10
51
Kesalahan pemakaian ejaan
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan kalimat yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan
PG
37
52
Menyunting ejaan
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat memperbaiki kesalahan ejaan dengan tepat
PG
38
53

Kata hubung
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat menentukan kata hubung penanda urutan waktu dengan tepat
PG
39
54
Kalimat langsung
Disajikan beberapa kalimat langsung, siswa dapat menentukan penulisan kalimat langsung yang tepat
PG
40
55
Menyunting kalimat langsung
Disajikan kutipan cerita fantasi, siswa dapat memperbaiki penulisan kalimat langsung dengan tepat
Uraian
5


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Girimarto



Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP. 19630530 199512 1 001
Giirimarto,      Agustus 2017

Guru Bahasa Indonesia



Dra. Endang Sulistuyorini
NIP. 19650311 200212 2 003


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Diri Guru