KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX (KTSP)
SMP NEGERI 3 GIRIMARTO  KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Kemampuan yang Diuji
Indikator
No Soal
Jenis Soal
1

1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
Dialog interaktif
Menentukan hal penting dialog
Disajikan  dialog, peserta didik dapat menentukan hal penting yang terdapat dalam dialog tersebut dengan tepat.
1

PG
Dialog interaktif
Menentukan isi dialog
Berdasarkan kutipan dialog no.1, peserta didik dapat menentukan  pernyataan yang sesuai dengan isi dialog tersebut
2
PG
Dialog interaktif
Menentukan simpulan dialog
Berdasarkan kutipan dialog no.1, peserta didik dapat menentukan simpulan dialog dengan tepat.
3
PG
2
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
Dialog interaktif
Menentukan pesan dialog
Disajikan cuplikan dialog, siswa dapat menentukan pesan tersirat dialog dengan secara tepat
4
PG
Dialog interaktif
Menentukan informasi dialog
Disajikan cuplikan dialog, siswa dapat menentukan informasi yang tidak terdapat dalam dialog
5
PG
Dialog interaktif
Mengomentari isi dialog
Berdasarkan dialog no. 4, peserta didik dapat menentukan komentar yang sesuai dengan dialog dengan tepat.
6
PG
3
2.1 Mengritik/memuji berbagai karya (seni/Produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
Kritikan dan Pujian
Menentukan pujian terhadap hasil karya sastra.
Disajikan sebuah puisi, peserta didik dapat menentukan pujian yang tepat terhadap puisi.
7
PG
Kritikan dan Pujian
Menentukan kritik terhadap hasil karya sastra.
Disajikan ilustrasi tentang hasil karya seni, peserta didik dapat menentukan kalimat kritikan yang tepat.
8
PG
4
3.1 Membedakan antara fakda dan opini dalam teks iklan surat kabar melalui kegiatan membaca intense
Fakta dan Opini dalam iklan
Menentukan fakta yang terdapat dalam iklan baris
Disajikan iklan baris, peserta didik dapat menentukan fakta dalam iklan baris tersebut dengan tepat
9
PG
Fakta dan Opini dalam iklan
Menentukan opini yang terdapat dalam iklan baris

Disajikan iklan baris, peserta didik dapat menentukan opini dalam iklan dengan tepat.
10
PG
5
3.2 menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai

Membaca memindai indeks buku
Menentukan pernyataan yang sesuai indeks
Disajikan tulisan indeks, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai indeks tersebut
11
PG
Membaca memindai ensiklopedi
Menentukan maksud indeks
Disajikan indeks Ensiklopedi  yang mencantumkan jilid dan hal, peserta didik dapat memaknai maksud indeks tersebut dengan tepat.
12
PG
Membaca memindai ensiklopedi
Menentukan penulisan nama pengarang dalam indeks
Peserta didik dapat menentukan penulisan nama pengarang dalam indeks dengan tepat.
13
PG
Membaca memindai ensiklopedi
Menentukan indeks buku yang memuat kata tertentu
Disajikan ilustrasi kata yang dibahas dalam indeks buku, peserta didik dapat menentukan indeks buku yang memuat kata tersebut.
14
PG
6
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
Iklan baris
Menentukan iklan baris yang tepat
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan iklan baris yang tepat.
15
PG
Iklan baris
Menentukan iklan penawaran produk
Peserta didik dapat menentukan iklan yang berisi penawaran produk dengan tepat.
16
PG
Iklan baris
Menentukan iklan layanan masyarakat
Peserta didik dapat menentukan iklan yang berisi iklan layanan masyarakat.
17
PG
Iklan baris
Menentukan maksud kalimat dalam iklan
Disajikan iklan baris, peserta didik dapat menentukan maksud salah satu kalimat dalam iklan tersebut

18
PG
7
4.2 Meresensi buku pengetahuan
Resensi buku
Menentukan resensi berdasarkan data yang ada
Disajikan ilustrasi data buku, Peserta didik dapat menentukan resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut
19
PG
Resensi buku
Menentukan isi resensi buku
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang diinformasikan pada bagian isi resensi dengan tepat.
20
PG
Resensi buku
Menentukan pernyataan kelebihan buku yang diresensi
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang  termasuk unsur kelebihan buku dalam resensi.

21
PG
Resensi buku
Melengkapi keunggulan  buku yang diresensi
Disajikan ilustrasi data buku, Peserta didik dapat melengkapi paragraf resensi berupa keunggulan buku sesuai ilustrasi tersebut
22
PG
8
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas.
Laporan peristiwa
Menentukan urutan laporan peristiwa
Disajikan data peristiwa yang disusun secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan laporan yang tepat berdasarkan data.
23
PG
Laporan pengamatan
Menentukan isi laporan
Disajikan ilustrasi peristiwa, peserta didik dapat menentukan isi laporan yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut.

24
PG
9
4.3. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf
Menyunting kalimat
Menentukan perbaikan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif
Disajikan kalimat yang tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan menjadi kalimat efektif.
25
PG
Menyunting kalimat
Menentukan perbaikan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif
Disajikan kalimat yang tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan menjadi kalimat efektif.
26
PG
Menyunting penggunaan tanda baca dalam kalimat
Menentukan perbaikan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat yang penggunaan tanda bacanya tidak tepat, peserta didik dapat menentukan pembetulannya.
27
PG
Menyunting penggunaan tanda baca dalam kalimat
Menentukan perbaikan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat yang penggunaan tanda bacanya tidak tepat, peserta didik dapat menentukan pembetulannya.
28
PG
Menyunting paragraf
Menentukan perbaikan kalimat tidak efektif dalam paragraf
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat yang tidak efektif, peserta didik dapat menentukan kalimat yang efektif.
29
PG
Menyunting paragraf
Menentukan perbaikan penggunaan huruf capital dalam paragraph
Disajikan paragraf yang penggunaan huruf kapitalnya salah, peserta didik dapat menunjukkan perbaikan penggunaan huruf kapital tersebut.
30
PG
Menyunting paragraf
Menentukan pilihan kata yang tepat
Disajikan paragraf yang pilihan katanya salah, peserta didik dapat menentukan perbaikan pilihan kata tersebut
31
PG

Menyunting paragraf
Menentukan penggunaan kata tugas
Disajikan paragraf yang menggunakan kata tugas yang salah, peserta didik dapat menentukan perbaikan penggunaan kata tugas yang tepat.

32
PG
10
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Unsur Intrinsik tema dan latar Cerpen
Menentukan suasana dalam cerpen
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan suasana dalam cerpen.
33
PG
Unsur Intrinsik tema dan latar Cerpen
Menentukan kalimat yang menunjukkan bukti latar tempat
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menunjukkan bukti latar tempat pada cerpen
34
PG
Unsur Intrinsik tema dan latar Cerpen
Menentukan tema cerpen
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan tema cerpen dengan tepat.
35
PG
Unsur Intrinsik tema dan latar Cerpen
Menentukan unsur penokohan cerpen
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam cerpen.
36
PG
Unsur penokohan dan perwatakanCerpen
Menentukan cara penyajian watak tokohnya
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan cara penyajian watak tokoh
37
PG
Unsur Intrinsik sudut pandang Cerpen
Menentukan sudut pandang pengarang
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan sudut pandang pengarang dalam cerpen dengan tepat.

38
PG
11
8.1 Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
Pesan moral cerita pendek
Menentukan pesan moral yang tersirat dalam cerpen
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan pesan moral yang tersirat dalam cerpen
39
PG
Konflik cerpen
Menentukan konflik dalam cerpen
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan konflik dalam cerpen.
40
PG
12
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
Dialog interaktif
Menentukan hal penting dialog
Disajikan  kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan tepat.



Peserta didik dapat menentukan prinsip-prinsip dalam memahami dialog interaktif.

1




2
Isian




Isian
13
2.1  Mengritik/
memuji berbagai karya (seni/Produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
Mengritik/memuji
Menentukan langkah-langkah mengkritik
Disajikan  kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan tepat.

3



Isian



14

3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai.
Membaca memindai indeks buku

Menentukan jenis-jenis indeks
Disajikan kalimat yang berisi salah satu jenis indeks, siswa dapat menentukan jenis  indeks tersebut secara tepat.


Disajikan contoh indeks, siswa dapat menentukan bagian-bagian indeks.




4




5
Isian




Isian
15
4.3. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf
Menyunting
kalimat dan  paragraf



Menuliskan perbaikan paragraf tidak efektif dari segi  penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, dan ejaan
Disajikan sebuah paragraf  yang salah, peserta didik dapat menyunting paragraf tersebut dari segi penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, ejaan sehingga menjadi paragraf yang benar.
6



7
Isian



Isian
16
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Unsur intrinsik cerpen
Menentukan watak tokoh, bukti watak tokoh, latar waktu, dan latar tempat
Disajikan kutipan sebuah cerpen, peserta didik dapat menentukan watak tokoh, bukti watak tokoh, latar waktu, dan latar tempat dalam cerpen dengan tepat.
8


9


10
Isian


Isian


Isian
17
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
Dialog Interaktif
Menentukan topik dialog, hal penting dalam dialog, dan simpulan isi dialog
Disajikan dialog interaktif, peserta didik dapat menentukan topik dialog, hal penting dalam dialog, dan simpulan isi dialog
1
Uraian
18
2.1  Mengritik/
memuji berbagai karya (seni/Produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
Mengritik/memuji
Membuat kalimat yang berupa pujian dan  kritikan
Disajikan ilustrasi tentang karya seni, peserta didik dapat membuat kalimat yang berupa pujian dan  kritikan. .
2
Uraian
19
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai.
Membaca memindai indeks buku

Menentukan informasi indeks
Disajikan penulisan dua indeks, siswa dapat menjelaskan maksud indeks tersebut secara tepat.




3

Uraian
20
4.3. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf
Menyunting paragraf


Menuliskan perbaikan paragraf tidak efektif dari segi  penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, dan ejaan
Disajikan sebuah paragraph yang salah, peserta didik dapat menyunting paragraf tersebut dari segi penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, ejaan sehingga menjadi paragraf yang benar.
4
Uraian
21
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Unsur intrinsik cerpen
Menentukan watak tokoh, bukti watak tokoh, latar waktu, dan latar tempat
Disajikan kutipan sebuah cerpen, peserta didik dapat menentukan watak tokoh, bukti watak tokoh, latar waktu, dan latar tempat dalam cerpen dengan tepat.
5
Uraian


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Diri Guru