KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX (KTSP)
SMP NEGERI 3 GIRIMARTO KABUPATEN
WONOGIRI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Kemampuan yang Diuji
|
Indikator
|
No Soal
|
Jenis Soal
|
||
1
|
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif
beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
|
Dialog interaktif
|
Menentukan hal penting dialog
|
Disajikan
dialog, peserta didik dapat menentukan hal penting yang terdapat dalam dialog tersebut dengan
tepat.
|
1
|
PG
|
||
Dialog interaktif
|
Menentukan isi dialog
|
Berdasarkan kutipan dialog no.1, peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang sesuai
dengan isi dialog tersebut
|
2
|
PG
|
||||
Dialog interaktif
|
Menentukan simpulan dialog
|
Berdasarkan kutipan dialog no.1, peserta didik dapat
menentukan simpulan dialog dengan tepat.
|
3
|
PG
|
||||
2
|
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
Dialog interaktif
|
Menentukan pesan dialog
|
Disajikan cuplikan dialog, siswa dapat menentukan pesan
tersirat dialog dengan secara tepat
|
4
|
PG
|
||
Dialog interaktif
|
Menentukan informasi dialog
|
Disajikan cuplikan dialog, siswa dapat menentukan informasi yang tidak terdapat dalam dialog
|
5
|
PG
|
||||
Dialog interaktif
|
Mengomentari isi dialog
|
Berdasarkan dialog no. 4, peserta didik dapat menentukan komentar yang
sesuai dengan dialog dengan tepat.
|
6
|
PG
|
||||
3
|
2.1 Mengritik/memuji berbagai karya (seni/Produk)
dengan bahasa yang lugas dan santun
|
Kritikan
dan Pujian
|
Menentukan pujian terhadap
hasil karya sastra.
|
Disajikan sebuah puisi, peserta didik dapat menentukan pujian yang tepat
terhadap puisi.
|
7
|
PG
|
||
Kritikan
dan Pujian
|
Menentukan kritik terhadap
hasil karya sastra.
|
Disajikan ilustrasi tentang hasil karya seni, peserta
didik dapat menentukan kalimat kritikan yang tepat.
|
8
|
PG
|
||||
4
|
3.1 Membedakan antara fakda dan opini dalam teks
iklan surat kabar melalui kegiatan membaca intense
|
Fakta dan Opini dalam iklan
|
Menentukan fakta yang terdapat dalam iklan baris
|
Disajikan iklan baris, peserta didik dapat menentukan fakta dalam iklan baris tersebut
dengan tepat
|
9
|
PG
|
||
Fakta dan Opini dalam iklan
|
Menentukan opini yang terdapat dalam iklan baris
|
Disajikan iklan baris, peserta didik dapat menentukan opini dalam iklan dengan tepat.
|
10
|
PG
|
||||
5
|
3.2
menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku
melalui kegiatan membaca memindai
|
Membaca memindai indeks buku
|
Menentukan pernyataan yang sesuai indeks
|
Disajikan tulisan indeks, peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang sesuai indeks tersebut
|
11
|
PG
|
||
Membaca memindai ensiklopedi
|
Menentukan maksud indeks
|
Disajikan indeks Ensiklopedi
yang mencantumkan jilid dan hal, peserta
didik dapat memaknai maksud indeks tersebut dengan
tepat.
|
12
|
PG
|
||||
Membaca memindai ensiklopedi
|
Menentukan penulisan nama
pengarang dalam indeks
|
Peserta didik dapat menentukan penulisan nama pengarang dalam indeks
dengan tepat.
|
13
|
PG
|
||||
Membaca memindai ensiklopedi
|
Menentukan
indeks buku yang memuat kata tertentu
|
Disajikan
ilustrasi kata yang dibahas dalam indeks buku, peserta didik dapat menentukan
indeks buku yang memuat kata tersebut.
|
14
|
PG
|
||||
6
|
4.1
Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
|
Iklan baris
|
Menentukan iklan baris yang tepat
|
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan
iklan baris yang tepat.
|
15
|
PG
|
||
Iklan baris
|
Menentukan iklan penawaran produk
|
Peserta didik dapat menentukan iklan yang berisi
penawaran produk dengan tepat.
|
16
|
PG
|
||||
Iklan baris
|
Menentukan iklan layanan masyarakat
|
Peserta didik dapat menentukan iklan yang berisi iklan
layanan masyarakat.
|
17
|
PG
|
||||
Iklan baris
|
Menentukan maksud kalimat dalam iklan
|
Disajikan iklan baris, peserta didik dapat menentukan
maksud salah satu kalimat dalam iklan tersebut
|
18
|
PG
|
||||
7
|
4.2
Meresensi buku pengetahuan
|
Resensi buku
|
Menentukan resensi berdasarkan data yang ada
|
Disajikan ilustrasi data buku, Peserta didik dapat
menentukan resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut
|
19
|
PG
|
||
Resensi buku
|
Menentukan isi resensi buku
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
diinformasikan pada bagian isi resensi dengan tepat.
|
20
|
PG
|
||||
Resensi buku
|
Menentukan pernyataan kelebihan buku yang diresensi
|
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang termasuk unsur kelebihan buku dalam
resensi.
|
21
|
PG
|
||||
Resensi buku
|
Melengkapi keunggulan
buku yang diresensi
|
Disajikan ilustrasi data buku, Peserta didik dapat
melengkapi paragraf resensi berupa keunggulan buku sesuai ilustrasi tersebut
|
22
|
PG
|
||||
8
|
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai
peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas.
|
Laporan
peristiwa
|
Menentukan
urutan laporan peristiwa
|
Disajikan data peristiwa
yang disusun secara acak, peserta didik dapat menentukan urutan laporan
yang tepat berdasarkan data.
|
23
|
PG
|
||
Laporan
pengamatan
|
Menentukan
isi laporan
|
Disajikan ilustrasi
peristiwa, peserta
didik dapat menentukan isi laporan yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut.
|
24
|
PG
|
||||
9
|
4.3. Menyunting karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf
|
Menyunting
kalimat
|
Menentukan
perbaikan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif
|
Disajikan kalimat yang tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan menjadi kalimat efektif.
|
25
|
PG
|
||
Menyunting
kalimat
|
Menentukan
perbaikan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif
|
Disajikan kalimat yang tidak efektif, peserta didik dapat menentukan perbaikan menjadi kalimat efektif.
|
26
|
PG
|
||||
Menyunting
penggunaan tanda baca dalam kalimat
|
Menentukan
perbaikan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kalimat yang penggunaan tanda bacanya tidak tepat, peserta
didik dapat menentukan pembetulannya.
|
27
|
PG
|
||||
Menyunting
penggunaan tanda baca dalam kalimat
|
Menentukan
perbaikan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kalimat yang penggunaan tanda bacanya tidak tepat, peserta
didik dapat menentukan pembetulannya.
|
28
|
PG
|
||||
Menyunting
paragraf
|
Menentukan
perbaikan kalimat tidak efektif dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat kalimat yang tidak efektif,
peserta didik dapat menentukan
kalimat yang efektif.
|
29
|
PG
|
||||
Menyunting
paragraf
|
Menentukan
perbaikan penggunaan huruf capital dalam paragraph
|
Disajikan paragraf yang penggunaan huruf kapitalnya salah, peserta didik
dapat menunjukkan perbaikan
penggunaan huruf
kapital tersebut.
|
30
|
PG
|
||||
Menyunting
paragraf
|
Menentukan
pilihan kata yang tepat
|
Disajikan paragraf yang pilihan katanya salah, peserta didik dapat
menentukan perbaikan pilihan kata tersebut
|
31
|
PG
|
||||
|
Menyunting
paragraf
|
Menentukan
penggunaan kata tugas
|
Disajikan
paragraf yang menggunakan kata tugas yang salah, peserta didik dapat
menentukan perbaikan penggunaan kata tugas yang tepat.
|
32
|
PG
|
|||
10
|
7.1
Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan
cerpen
|
Unsur Intrinsik tema dan latar Cerpen
|
Menentukan suasana dalam cerpen
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat
menentukan suasana dalam cerpen.
|
33
|
PG
|
||
Unsur Intrinsik tema dan latar Cerpen
|
Menentukan kalimat yang menunjukkan bukti latar tempat
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menunjukkan bukti latar tempat pada cerpen
|
34
|
PG
|
||||
Unsur Intrinsik tema dan latar Cerpen
|
Menentukan tema cerpen
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan tema cerpen
dengan tepat.
|
35
|
PG
|
||||
Unsur Intrinsik tema dan latar Cerpen
|
Menentukan
unsur penokohan cerpen
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan watak tokoh
dalam cerpen.
|
36
|
PG
|
||||
Unsur penokohan dan perwatakanCerpen
|
Menentukan cara penyajian watak tokohnya
|
Disajikan kutipan cerpen, peserta didik dapat
menentukan cara penyajian watak tokoh
|
37
|
PG
|
||||
Unsur Intrinsik sudut pandang Cerpen
|
Menentukan
sudut pandang pengarang
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan sudut pandang
pengarang dalam cerpen dengan tepat.
|
38
|
PG
|
||||
11
|
8.1
Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
|
Pesan
moral cerita pendek
|
Menentukan pesan moral yang tersirat dalam cerpen
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan pesan moral yang tersirat dalam cerpen
|
39
|
PG
|
||
Konflik
cerpen
|
Menentukan konflik dalam cerpen
|
Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan konflik dalam
cerpen.
|
40
|
PG
|
||||
12
|
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif
beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
|
Dialog interaktif
|
Menentukan hal penting dialog
|
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan tepat.
Peserta didik dapat menentukan prinsip-prinsip dalam memahami dialog
interaktif.
|
1
2
|
Isian
Isian
|
||
13
|
2.1 Mengritik/
memuji
berbagai karya (seni/Produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
|
Mengritik/memuji
|
Menentukan langkah-langkah mengkritik
|
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan tepat.
|
3
|
Isian
|
||
14
|
3.2 Menemukan informasi
yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan
membaca memindai.
|
Membaca memindai indeks
buku
|
Menentukan jenis-jenis indeks
|
Disajikan kalimat yang berisi salah satu jenis indeks, siswa dapat menentukan jenis indeks tersebut secara tepat.
Disajikan contoh indeks, siswa dapat menentukan bagian-bagian indeks.
|
4
5
|
Isian
Isian
|
||
15
|
4.3. Menyunting karangan
dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf
|
Menyunting
kalimat dan paragraf
|
Menuliskan
perbaikan paragraf tidak efektif dari segi
penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, dan ejaan
|
Disajikan sebuah paragraf yang salah, peserta didik dapat menyunting paragraf tersebut dari segi penggunaan
huruf kapital, pemilihan kata, ejaan sehingga menjadi paragraf yang benar.
|
6
7
|
Isian
Isian
|
||
16
|
7.1
Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan
cerpen
|
Unsur intrinsik cerpen
|
Menentukan watak tokoh, bukti watak tokoh, latar waktu, dan latar tempat
|
Disajikan kutipan sebuah cerpen, peserta didik dapat
menentukan watak
tokoh, bukti watak tokoh, latar waktu, dan latar tempat dalam cerpen dengan tepat.
|
8
9
10
|
Isian
Isian
Isian
|
||
17
|
1.1
Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan
televisi/siaran radio
|
Dialog
Interaktif
|
Menentukan
topik dialog, hal penting dalam dialog, dan simpulan isi dialog
|
Disajikan
dialog interaktif, peserta didik dapat menentukan topik dialog, hal penting
dalam dialog, dan simpulan isi dialog
|
1
|
Uraian
|
||
18
|
2.1 Mengritik/
memuji
berbagai karya (seni/Produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
|
Mengritik/memuji
|
Membuat kalimat yang berupa pujian dan kritikan
|
Disajikan ilustrasi tentang karya seni, peserta didik
dapat membuat kalimat yang berupa pujian dan kritikan. .
|
2
|
Uraian
|
||
19
|
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat
dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai.
|
Membaca memindai indeks
buku
|
Menentukan informasi indeks
|
Disajikan penulisan dua indeks, siswa dapat menjelaskan maksud indeks tersebut secara tepat.
|
3
|
Uraian
|
||
20
|
4.3. Menyunting karangan
dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf
|
Menyunting
paragraf
|
Menuliskan
perbaikan paragraf tidak efektif dari segi
penggunaan huruf kapital, pemilihan kata, dan ejaan
|
Disajikan sebuah paragraph yang salah, peserta didik dapat menyunting paragraf tersebut dari segi penggunaan huruf
kapital, pemilihan kata, ejaan sehingga menjadi paragraf yang benar.
|
4
|
Uraian
|
||
21
|
7.1
Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan
cerpen
|
Unsur intrinsik cerpen
|
Menentukan watak tokoh, bukti watak tokoh, latar waktu, dan latar tempat
|
Disajikan kutipan sebuah cerpen, peserta didik dapat
menentukan watak
tokoh, bukti watak tokoh, latar waktu, dan latar tempat dalam cerpen dengan tepat.
|
5
|
Uraian
|
||
|
Komentar
Posting Komentar