Evaluasi Diri Guru
Format 1:
Evaluasi Diri Guru
Nama
Sekolah: SMP Negeri 3 Girimarto
|
Nomor
Statistik Sekolah: 201031224152
|
||
Alamat : Nungkulan, Girimarto
|
Kecamatan
: Girimarto
|
Kabupaten/Kota:
Wonogiri
|
|
Nama
Guru : Dra. Endang Sulistyorini
|
Tahun
Pelajaran : 2016/2017
|
Tanggal: Juli 2017
|
|
A.
Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
|
Evaluasi diri tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
guru terhadap kompetensi terkait dengan pelaksanaan tugas utama dan jika
ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan kelemahan tersebut
|
||
I. Perencanaan Pembelajaran
|
|||
1.
Kemampuan memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
Saya sudah berusaha memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP
sesuai dengan silabus / kurikulum.
|
||
2.
Kemampuan menyusun
bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi
|
Saya sudah berusaha
untuk menyusun bahan ajar secara sederhana meski belum tersusun secara runut dan benar
|
||
3.
Kemampuna merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
Saya sudah merencanakan
kegiatan pembelajaran yang efektif berdasarkan silabus dan dituangkan dalam
RPP. Tetapi terkadang dalam
mengimplementasi
kendalanya waktu, yang terkadang beberapa kali
ada kegiatan sekolah yang mengambil jam pelajaran efektif.
|
||
4.
Pemiilihan sumber
belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
Saya tidak mengalami kesulitan dalam
memilih sumber belajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan
strategi pembelajaran. Tetapi untuk media pembelajaran
masih minim jumlahnya.
|
||
II. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan
Efektif
|
|||
Kagiatan Pendahuluan
|
|
||
1.
Ketrampilan memulai pembelajaran dengan
efektif
|
Saya
mampu memulai pembelajaran dengan efektif, tetapi ketika saya akan memulai
pembelajaran di kelas terkadang siswa belum mempersiapkan alat pembelajaran
sehingga terpaksa saya menunggu waktu beberapa
menit digunakan anak-anak untuk mempersiapkan peralatan dahulu. Dan ketika saya memulai pelajaran , kadang-kadang anak-anak yang piket belum selesai dalam membersihkan
kelasnya sehingga
meluangkan waktu lagi untuk menyelesaikan tugas anak.
|
||
Kegiatan Inti
|
|
||
1.
Penguasaan materi pelajaran
|
Saya
sudah menguasai materi pelajaran yang saya berikan kepada siswa. Saya juga
berusaha mengupdate
informasi terkini mengenai materi pelajaran yang saya berikan. Materi yang saya sampaikan
dikaitkan dengan bidang studi lainnya, misalnya mengaitkan materi norma dengan pelajaran Agama atau P.Kn.
|
||
2.
Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran
yang efektif
|
Saya
mampu menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif. Strategi dan
metode pembelajaran yang saya pilih sesuai dengan tingkat perkembangan
kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
||
3.
Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
Saya berusaha memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya, memanfaatkan TIK
dalam pembelajaran , tetapi sayangnya siswa belum dapat memanfaatan TIK (karena sarana dan prasarana sekolah yang belum
memadai).
|
||
4.
Kemmpuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa
dalam pembelajaran
|
Saya
mampu memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam proses
kegiatan belajar mengajar. Tetapi belum semua
siswa mau terlibat aktif dalam pembelajaran.
|
||
5.
Kemampuan bahasa
yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
Saya
berusaha menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pembelajaran.
Tetapi masih ada beberapa siswa yang belum bisa memahami apa yang saya sampaikan,
sehingga saya tambahkan dengan bahasa jawa ngoko dan bahasa kromo inggil.
|
||
Kegiatan Penutup
|
|
||
1.
Ketrampilan
mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
Saya
berusaha untuk mengakhiri pembelajaran dengan efektif, tetapi kadang-kadang
karena terlalu asyik di kelas, lupa bahwa waktunya sudah bel, sehingga
kadang-kadang di akhir pelajaran belum melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan siswa.
|
||
III.
Penilaian Pembelajaran
|
|||
1.
Perancangan alat
evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
Saya sudah mampu merancang alat evaluasi dengan
baik untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan siswa.
|
||
2.
Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP
|
Saya
sudah berusaha untuk
menerapkan strategi dan metode penilaian dalam mencapai kompetensi tertentu
sebagaimana yang tertulis dapam RPP, meski kadang kala karena terkendala waktu yang
terkadang beberapa kali ada kegiatan sekolah yang mengambil jam pelajaran
efektif.
|
||
3.
Pemanfaatan
berbagai hasil penilaian untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
Saya
sudah berusaha untuk memanfaatkan hasil penilian untuk
memberikan umpan balik bagi siswa tentang kemajuan belajar dan bahan
penyusunan rancangan pembelajaran selajutnya.
|
||
B. Berbagai hal terkait dengan pemenuhan dan peningkatan
kompetensi inti tersebut
|
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi
(tugas utama guru) tersebut.
|
Saya
selalu mencari dari berbagai sumber baik dari buku, media, bertanya kepada
teman sejawat , mengikuti kegiatan MGMP dan mengikuti
pelatihan-pelatihan .
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut.
|
Belum
lengkapnya format baku mengenai perangkat guru, sehingga saya merasa
kebingungan atau ragu-ragu dalam menggunakan apabila mendapatkan format dari berbagai sumber.
|
||
3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian
berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas
utama guru) tersebut
|
Mendapatkan ilmu atau pengetahuan baru guna
meningkatkan wawasan guru
|
||
4. Pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut.
|
Kegiatan MGMP, seminar, pelatihan dan IHT Penyusunan
bahan ajar
|
||
C. Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi untuk
menghasilkan publikasi ilmiah
|
Mengikuti
pelatihan, bertanya, belajar dari berbagai media atau buku, membuat
buku penganyaan, dan membuat PTK.
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
menghasilkan publikasi ilmiah
|
Kemauan dan keterbatasan referensi yang saya miliki
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah
|
Mampu meningkatkan pengetahuan dan ilmu baru sehingga
dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menghasilkan publikasi ilmiah.
|
||
4.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
|
Mengikuti
pelatihan, diklat, IHT
Publikasi Ilmiah di sekolah, dan diklat pada lembaga kursus dan
pelatihan.
|
||
D. Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif
|
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi untuk
menghasilkan karya inovatif
|
Mengikuti
pelatihan, bertanya pada sesama teman, belajar dari berbagai media
atau buku.
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
menghasilkan karya inovatif
|
Keterbatasan referensi yang dimiliki guru, dan
keterbatasan waktu.
|
||
3.
Keberhasilan yang saya capai
setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan karya inovatif
|
Mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang baru sehingga
mampu meningkatkan kemauan dan kemampuan guru dalam membuat karya inovatif
|
||
4.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan
karya inovatif
|
Mengikuti
pelatihan, belajar dari berbagai media atau buku ,
mengikuti IHT karya inovatif di sekolah
|
||
E. Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas
(TIK, Bahasa Asing, dsb)
|
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi penunjang
pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
|
Saya
berusaha banyak
membaca
buku , mempelajari aturan-aturan terkait, bertanya kepada teman sejawat , mengikuti
Kegiatan MGMP, dan meng update informasi di internet.
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang
pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
|
Waktu, dan kesempatan
|
||
3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian
berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang
pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
|
Tambah pengetahuan dan pengalaman dalam meningkatkan
pembelajaran yang berkualitas
|
||
4. Pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang
berkualitas
|
IHT, TIK ,
Penilaian Kurtilas
|
||
F.
Kompetensi untuk melaksanakan
tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)
|
|
||
1.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi
dan mengembangkan kompetensi untuk
melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
Saya
berusaha banyak
membaca
buku , mempelajari aturan-aturan terkait, bertanya kepada teman sejawat,
mengikuti Kegiatan MGMP, dan meng update informasi
|
||
2.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
Keterbatasan referensi yang dimiliki guru, dan
keterbatasan waktu.
|
||
3. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
Mampu
meningkatkan pengetahuan dan ilmu baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan
guru dalam melaksanakan tugas tambahan.
|
||
4. Pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
Kegiatan MGMP, seminar, pelatihan dan IHT Penyusunan
bahan ajar
|
||
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.19630530 199512 1 001
|
Girimarto, Juli 2017
Guru Mapel Bahasa Indonesia
Dra. Endang sulistyorini
NIP. 19650311 200212 2 003
|
||
Format 2: Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru
Nama
Sekolah: SMP Negeri 3 Girimarto
|
Nomor
Statistik Sekolah: 201031224152
|
|||||||||
Alamat: Nungkulan
|
Kecamatan: Girimarto
|
Kabupaten/Kota: Wonogiri
|
||||||||
Nama Guru: Dra.
Endang Sulistyorini
|
Tahun
Ajaran: 20162017
|
Tanggal: Juli 2017
|
||||||||
Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
|
Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan
kompetensi terkait dengan
indikator kinerja guru
|
Strategi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
a
|
b
|
|||||||||
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
||||||||||
1.
Kemampuan memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
Saya akan merumuskan tujuan
pembelajaran dalam RPP menggunakan kata kerja yang jelas.
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
||
2.
Kemampuan menyusun
bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi
|
Saya akan belajar menyusun
sumber bahan ajar dengan belajar dari berbagai sumber, dan mengikuti IHT
penyusunan bahan ajar di sekolah
|
|
|
V
|
|
|
|
|
||
3.
Kemampuan
merencanakan kegiatan pembelajaran yang
efektif
|
Saya akan menyusun kegiatan pembelajaran yang efektif
|
|
V
|
|
|
|
|
|
||
4.
Pemiilihan sumber
belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
|
Saya akan memilih sumber belajar/ media pembelajaran yang sesuai
dengan materi dan strategi pembelajaran, serta sesuai dengan karakteristik
peserta didik di sekolah tempat saya bertugas.
|
|
V
|
|
|
|
|
|
||
II. KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
||||||||||
Kagiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.
Ketrampilan memulai pembelajaran dengan efektif
|
Saya akan memulai pembelajaran dengan efektif
|
V
|
|
|
|
|
|
|
||
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.
Penguasaan materi pelajaran
|
Saya akan terus belajar agar menguasai materi pembelajaran yang saya
berikan.
|
V
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran
yang efektif
|
Saya akan memilih pendekatan/ strategi pembelajaran yang efektif
dengan mengevaluasi upaya yang telah saya lakukan.
|
|
V
|
|
|
|
|
|
||
3.
Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
Saya akan memanfaatkan
TIK dalam pembelajaran , serta akan melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber
belajar /media pembelajaran dengan cara : belajar dengan guru lainnya dan akan
melaksanakan pelatihan ditingkat sekolah ,
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
||
4.
Kemampuan memacu
dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
Saya akan terus memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam
pembelajaran.
|
V
|
|
|
|
|
|
|
||
5.
Kemampuan bahasa
yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
Saya akan terus meningkatkan kemampuan berbahasa yang benar dan
tepat dalam pembelajaran.
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
||
Kegiatan Penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.
Ketrampilan
mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
Saya akan berusaha untuk dapat mengakhiri pembelajaran dengan
efektif.
|
V
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
Saya akan berkomunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua, peserta didik, dan masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas
pembelajaran dan hasil belajar siswa.
|
V
|
V
|
V
|
|
|
|
|
||
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.
Perancangan alat
evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
Saya akan merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan
keberhasilan belajar peserta didik dengan bekerjasama dengan guru lain yang
serumpun.
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
||
2.
Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP
|
Saya akan menerapkan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP dengan cara bekerjasama dengan guru lain yang serumpun.
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
||
3.
Pemanfaatan
berbagai hasil penilaian untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
Saya akan memanfaatan
berbagai hasil penilaian untuk
memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
V
|
|
|
|
|
|
|
||
A. Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
Saya masih merasa belum mampu
menghasilkan publikasi ilmiah, dan akan terus belajar
dengan guru yang sudah mampu, dan mengikuti IHT publikasi ilmiah di sekolah
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
||
B. Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif
|
Saya belum mampu menghasilkan karya Inovatif
sehingga perlu terus belajar dari berbagai sumber dan mengikuti IHT Karya inovatif di tingkat
sekolah/ tingkat Kabupaten
|
|
|
V
|
|
|
|
|
||
C. Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas
(TIK, Bahasa Asing, dsb)
|
Saya masih banyak belajar tetang penguasaan TIK sehingga saya masih perlu mengikuti IHT TIK
di sekolah
|
|
|
V
|
|
|
|
|
||
D. Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala
Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Tanda tangan Kepala Sekolah:
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.19630530 199512 1 001
|
Tanda tangan Guru:
Wonogiri, Juli 2017
Guru Mapel Bahasa Indonesia
Dra.
Endang Sulistyorini
NIP. 19650311 200212 2 003
|
|||||||||
Catatan:
1.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilakukan oleh guru
sendiri
2.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilakukan bersama guru
lain
3.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di
sekolah
4.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di
KKG/MGMPMGBK
5.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan oleh
institusi selain sekolah atau KKG/MGMP/MGBK
6.
Kebutuhan
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi
(diajukan/di-koordinasikan oleh Disdik untuk dipertimbangkan.
Format 3: Rencana Final Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (diisi oleh Koordinator Pengembangan KeprofesianFormat 3: Rencana Final Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (diisi oleh Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah: SMP Negeri
3 Girimarto
|
Nomor Standar Sekolah: 201031224152
|
|||||||||||||||||||||||
Alamat: Nungkulan
Girimarto
|
Kecamatan: Girimarto
|
Kabupaten/Kota: Wonogiri
|
||||||||||||||||||||||
Tahun Ajaran: 2016/2017
|
Tanggal:
|
|||||||||||||||||||||||
No
|
Nama Guru
|
DIMENSI/TUGAS
UTAMA GURU
|
Kompetensi
menghasil Publikasi Ilmiah
dan Karya Inovatif
|
Kompetensi
penunjang pembelajaran
berkualitas
|
Kompetensi
melaksanakan tugas tambahan
|
|||||||||||||||||||
Perencanaan
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
|
Penilaian
|
|||||||||||||||||||||
Pd
|
Inti
|
Pt
|
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
|
|
|
||||||||
1
|
Drs. M.
IRIANTO MEWAL, M.Pd.
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
|
|
|
||||||
2
|
SARYANTI, S.Pd.
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
|
|
|
||||||
3
|
Drs. BASUKI RAHMADI
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
|
|
|
||||||
4
|
Dra. ENDANG SULISTYORINI
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
4
|
4
|
4
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
||||||
5
|
HARDJOKO, S.Pd.
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
4
|
2
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
|
|
|
||||||
6
|
Dra. NARTI
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
2
|
2
|
|
|
|
||||||
7
|
HARJANI RETNO M, S.Pd.
|
3
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
2
|
4
|
|
|
|
||||||
8
|
BAMBANG ISDIYANTO, S.P.
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
|
|
|
||||||
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
Diketahui oleh
Kepala Sekolah:
Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.19630530 199512 1 001
|
Tanda tangan Koordinator
Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan:
Dra.
Narti
|
|||||||||||||||||||||||
Format 4:
Format Refleksi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh
bersama-sama antara Guru dan Koordinator Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan)
Nama Sekolah:SMP Negeri 3 Girimarto
|
Nomor Statistik
Sekolah: 201031224152
|
||||
Alamat: Nungkulan, Girimarto
|
Kecamatan: Girimarto
|
Kabupaten/Kota: Wonogiri
|
|||
Nama Guru: Dra.
Endang Sulistyorini
|
Tahun Pelajaran: 2016/2017
|
Tanggal:
|
|||
BAGIAN A : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
|||||
1.
Apakah kegiatan yang dilakukan
sesuai dengan rencana kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan? Kalau tidak, apa sebabnya?
|
sudah
|
||||
2.
Portofolio kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan ada/tidak, lengkap/tidak?
|
Ada, lengkap
|
||||
3. Apakah guru sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri
selama 1 tahun terakhir?
|
Iya
|
||||
4. pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih dibutuhkan menurut guru
dan/atau berdasarkan data dari sumber lain
|
IT (Komputer)
Kursur Bahasa Inggris
|
||||
BAGIAN
B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
BERSAMA-SAMA DENGAN GURU
|
|||||
1.
Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan terhadap kompetensi guru
|
untuk menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi serta kepribadian yang kuat sesuai dengan profesinya yang bermartabat, menarik, dan pilihan yang
kompetitif agar mampu menghadapi perubahan
internal dan eksternal dalam kehidupan abad 21 selama karirnya.
|
||||
2.
Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan terhadap peningkatkan kemampuan guru untuk menghasilkan karya
ilmiah dan karya inovatif
|
karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau penemuan baru
sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses
pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, sains/teknologi,
dan seni.
|
||||
3.
Dampak Kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Guru
|
Memotivasi guru-guru untuk
tetap memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga
profesional.
|
||||
4.
Dampak Kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Sekolah
|
|
||||
5. Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat menunjang
peningkatan kualtas peserta didik
|
|
||||
BAGIAN
B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
|||||
Apakah guru sudah siap untuk mengajukan
permohonan untuk kenaikan pangkat?
Sudah/Belum(coret salah satu)
|
Penjelasan dari jawaban yang diberikan
|
||||
Tanda tangan Guru :
Guru Mapel Bahasa
Indonesia
Dra. Endang Sulistyorini
NIP. 19650311 200212 2 003
|
Tanda tangan Koordinator Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan:
Dra. Narti
NIP.
19660622 200501 2 002
|
Tanda tangan
Kepala Sekolah:
Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.19630530 199512 1 001
|
|||
Format 5 : Deskripsi
Diri sehubungan dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri)
Nama Sekolah:
SMP Negeri 3 Girimarto
|
Nomor Standar Sekolah: 201031224152
|
|||||
Alamat:
Nungkulan, Girimarto
|
Kecamatan:
Girimarto
|
Kabupaten/Kota:
Wonogiri
|
||||
Nama Guru:
Dra. Endang Sulistyorini
|
Tahun Pelajaran:
2016/2017
|
|||||
Nama Koordinator PKB :
Dra, Narti
|
Tanggal:
...................................................................................................................
|
|||||
1.
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan selama satu
tahun terakhir dalam upaya pengembangan kompetensi guru.
|
1)
Kegiatan
.................................................................................................
Lama kegiatan
.......................................................................................
Tempatkegiatan
....................................................................................
Tujuan kegiatan
....................................................................................
Strategi
pelaksanaannya
.......................................................................
Cakupan materi
esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
2)
Kegiatan .................................................................................................
Lama kegiatan
.......................................................................................
Tempatkegiatan ..................................................................................
Tujuan kegiatan
.....................................................................................
Strategi
pelaksanaannya
.......................................................................
Cakupan materi
esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
3)
Kegiatan
.................................................................................................
Lama kegiatan
.......................................................................................
Tempatkegiatan
....................................................................................
Tujuan kegiatan
.....................................................................................
Strategi
pelaksanaannya
.......................................................................
Cakupan materi
esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
|
|||||
2. Secara umum, kesesuaian materi berbagai kegiatan pengembangan diri
tersebut terhadap mata pelajaran yang diampu (jelaskan alasannya)
|
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
|
|||||
3. Secara keseluruhan, manfaat kegiatan pengembangan diri tersebut bagi:
|
Diri guru:
akan dapat memenuhi standar dan mengembangkan
kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara
efektif sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi
kehidupan di masa datang.
|
|||||
Peserta didik:
Dengan adanya pelaksanaan PKB, maka
peserta didik memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang
efektif.
|
||||||
Sekolah:
Sekolah/Madrasah akan mampu memberikan
pelayanan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi peserta didik.
|
||||||
4. Dampak dari kegiatan pengembangan diri tersebut terhadap:
|
Diri guru:
Meningkatnya pengetahuan guru tentang pengembangan kurikulum,
pendidikan budaya karakter bangsa, dan pendidikan konservasi alam
|
|||||
Peserta didik:
Mendapatkan pelayanan dan pengalaman belajar yang efektif
untuk meningkatkan potensi dirinya secara optimal Sekolah: Sebagai dasar
membuat kebijakan pengembangan sekolah dalam upaya peningkatan mutu
pendidikan melalui kualitas pelayanan
|
||||||
Sekolah:
Sekolah/Madrasah akan mampu memberikan
pelayanan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi peserta didik.
|
||||||
5. Secara umum, permasalahan yang dihadapi dalam
meng-implementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut
|
Secara umum, permasalahan
yang dihadapi dalam mengimplementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan
diri tersebut Banyaknya program yang dikembangkan sekolah dalam upaya
meningkatkan pelayanan mutu proses dan hasil pembelajaran, menyebabkan besarnya
anggaran biaya operasional sekolah. Beberapa guru yang belum memenuhi standar
kualifikasi pendidikan dan diantaranya berkinerja buruk mengganggu stabilitas
pelayanan belajar dalam kelas tertentu.
|
|||||
6.
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
|
Mensosialisasikan hasil kegiatan pengembangan diri di luar
sekolah melalui kegiatan kolektif guru (KKG) dan pelatihan-pelatihan lainnya
|
|||||
7.
Upaya yang dilakukan untuk
mensosialisasikan/-mendiseminasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri
kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar sekolah
|
Upaya yang dilakukan untuk
mensosialisasikan/ mendiseminasikan hasil berbagai kegiatan
pengembangan diri kepada teman sejawat di dalam dan/ atau di luar sekolah
Mensosialisasikan hasil kegiatan pengembangan diri di sekolah melalui
kegiatan IHT (in house training), group discusion (diskusi bersama para
guru), pembimbingan seusai supervisi (post supervisi klinis)
|
|||||
8.
Jelaskan kegiatan atau upaya lain yang tidak termasuk unsur kegiatan
pengembangan diri tetapi mendukung peningkatan kompetensi guru atau membantu
memperlancar upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah
|
upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah Saling
bertukar pengalaman dengan teman sejawat dalam kegiatan pengembangan bahan
ajar, pengembangan model pembelajaran, serta pembuatan peraga dengan
memanfaatkan ICT dalam tampilan power point
|
|||||
Tanda tangan Guru : Guru Mapel Bahasa
Indonesia
Dra. Endang Sulistyorini
NIP. 19650311 200212 2 003
|
Girimarto,
Mengetahui,
Koordinator PKB
Dra. Narti
NIP. 19660622
200501 2 002
|
|||||
|
|
|||||
1.
Isilah semua informasi yang dibutuhkan dengan benar pada format Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang tersedia.
2.
Format 1. merupakan instrumen evaluasi diri untuk rencana pengembangan keprofesian
berkelanjutan.
Format evaluasi diri diisi guru dengan kekuatan dan
kelemahan terhadap penguasaan kompetensi
terkaitsebelum melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika
ada, evaluasi diri tersebut dapat diperkuat dengan eviden (bukti) yang dapat
memperkuat pernyataan kekuatan dan kelemahan dari kompetensi terkait.
3.
Format 2. merupakan instrumen rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang akan dilakukan guru.
Format ini diisi oleh guru bersama dengan koordinator
pengembangan keprofesian berkelanjutan di sekolah. Kolom Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan guru diisi dengan kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dibutuhkan berdasarkan hasil evaluasi diri guru. Misalnya pada
format 1 guru menuliskan evaluasi diri pada kompetensi pedagogic no 2 “ belum dapat membedakan model, strategi,
pendekatan, metode dan teknik pembelajaran”
maka pada format 2 dijelaskan rencana guru dalam meningkatkan kompetensi
tersebut.Kolom strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan diisi dengan
ceklist (√) sesuai dengan rencana guru dalam melakukan pengembangan keprofesian
berkelanjutan. (lihat catatan di bagian bawah format 2)
4.
Format 3. merupakanrekapitulasi
rencana final pengembangan keprofesian
berkelanjutan untuk semua guru di sekolah.
Format ini diisi oleh koordinator pengembangan keprofesian
berkelanjutan. Kolom kompetensi,
kompetensi yang menghasilkan Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif, kompetensi
penunjang pembelajaran berkualitas dan kompetensi melaksanakan tugas tambahan
diisi dengan tanda ceklist ( √ ) berdasarkan data
rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan masing-masing guru sebagaimana
tercantum dalam format 2.
5. Format 4. merupakan format refleksi guru setelah mengikuti kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Bagian A. diisi oleh koordinator
pengembangan keprofesian berkelanjutan sesuai program, bukti fisik/portofolio
individu guru yang mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan dan hasil pengamatan terhadap usaha guru
dalam mengembangkan diri serta
pengembangan keprofesian berkelanjutan
yang masih dibutuhkan guru.
Bagian B. diisi oleh guru yang dinilai
bersama koordinator PKB berkaitan dengan dampak/hasil pelaksanaan peningkatan
kompetensi yang telah dilakukan oleh guru.
Bagian
C diisi dengan kesiapan guru dalam permohonan kenaikan pangkat.
6. Format 5. Merupakan format
deskripsi
diri guru sehubungan dengan kegiatan pengembangan diri yang diikutinya selama
satu tahun terakhir.Format ini diisi dan ditandatangani oleh guru.
a. Butir 1 diisi dengan berbagai
kegiatan pengembangan diri yang diikuti guru selama satu tahun terakhir. Untuk
masing-masing kegiatan harus dilengkapi dengan informasi sebagai berikut:
·
Lama kegiatan .................... (diisi dengan lama pelaksanaan kegiatan yang diikuti).
·
Tempat kegiatan.................(diisi dengan tempat pelaksanaan kegiatan yang diikuti).
·
Tujuan kegiatan .............................. (diisi dengan tujuan kegiatanyang diikuti).
· Strategi pelaksanaannya ............. (diisi dengan strategi bagaimana kegiatan ini dilaksanakan, apakah secara
mandiri atau kelompok, di sekolah atau di luar sekolah (KKG/MGMP), dengan
bantuan kepakaran lain (Misalnya dari universitas, P4TK, penyedia jasa pelatihan/layanan lainnya).
·
Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri
tersebut (diisi dengan materi esensial
apa saja yang diberikan dalam kegiatan yang diikuti).
b. Butir 2 diisi dengan pendapat guru
tentang kesesuain materi dari berbagai kegiiatan pengembangan diri tersebut
terhadap mata pelajaran yang diampu, dan apa alasannya.
c. Butir 3 diisi dengan pendapat guru
dan/atau sekolah tentang manfaat dari berbagai kegiatan pengembangan diri yang
diikuti baik bagi dirinya, peserta didik, maupun bagi sekolah secara
keseluruhan.
d. Butir 4 diisi dengan pendapat guru
dan/atau sekolah tentang dampak dari berbagai kegiatan pengembangan
diri yang diikuti terhadap dirinya, peserta didik, maupun bagi sekolah secara
keseluruhan.
e. Butir 5 diisi dengan pendapat guru
tentang permasalahan yang dihadapinya dalam
meng-implementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
f. Butir 6 diisi dengan pendapat guru
tentang upaya yang dilakukannya untuk mengatasi permasalahan
yang dihadapi dalam mengimplementasikan hasil berbagai
kegiatan pengembangan diri tersebut.
g. Butir 7 diisi dengan pendapat guru
tentang upaya yang dilakukannya untuk mensosialisasikan hasil berbagai kegiatan
pengembangan diri tersebut kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar
sekolah.
h. Butir 8 diisi dengan informasi
tentang kegiatan atau upaya lain yang
diikuti atau dilakukan guru, tetapi kegiatan lain tersebut tersebut mendukung
peningkatan kompetensi guru atau membantu memperlancar upaya peningkatan
kualitas pembelajaran di sekolah.
Komentar
Posting Komentar