Evaluasi Diri Guru

Format 1:  Evaluasi Diri Guru

 

Nama Sekolah: SMP Negeri 3 Girimarto
Nomor Statistik Sekolah: 201031224152
Alamat              : Nungkulan, Girimarto
 Kecamatan    : Girimarto
Kabupaten/Kota: Wonogiri
Nama Guru      : Dra. Endang Sulistyorini
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Tanggal:      Juli 2017
A.       Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
Evaluasi diri tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait dengan pelaksanaan tugas utama dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan kelemahan tersebut
I. Perencanaan Pembelajaran
1.         Kemampuan memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
Saya sudah berusaha memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan silabus / kurikulum.
2.         Kemampuan menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi
Saya sudah berusaha untuk menyusun bahan ajar secara sederhana meski  belum tersusun secara runut dan benar
3.         Kemampuna merencanakan kegiatan pembelajaran yang  efektif
Saya sudah merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif berdasarkan silabus dan dituangkan dalam RPP. Tetapi terkadang dalam mengimplementasi kendalanya  waktu, yang terkadang beberapa kali ada kegiatan sekolah yang mengambil jam pelajaran efektif.
4.         Pemiilihan  sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
Saya tidak mengalami kesulitan dalam memilih sumber belajar dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran. Tetapi untuk media pembelajaran  masih minim jumlahnya.
II. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan Efektif
Kagiatan Pendahuluan

1.          Ketrampilan memulai pembelajaran dengan efektif
Saya mampu memulai pembelajaran dengan efektif, tetapi ketika saya akan  memulai pembelajaran di kelas terkadang siswa belum mempersiapkan alat pembelajaran sehingga terpaksa saya menunggu waktu beberapa menit digunakan anak-anak untuk mempersiapkan peralatan dahulu. Dan  ketika saya memulai pelajaran , kadang-kadang  anak-anak  yang piket belum selesai dalam membersihkan kelasnya sehingga meluangkan waktu lagi untuk menyelesaikan tugas anak.
Kegiatan Inti

1.         Penguasaan materi pelajaran
Saya sudah menguasai materi pelajaran yang saya berikan kepada siswa. Saya juga berusaha mengupdate informasi terkini mengenai materi pelajaran yang saya berikan. Materi yang saya sampaikan dikaitkan dengan bidang studi lainnya, misalnya mengaitkan materi norma  dengan pelajaran Agama atau P.Kn.
2.         Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
Saya mampu menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif. Strategi dan metode pembelajaran yang saya pilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
3.         Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
Saya berusaha memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya, memanfaatkan TIK dalam pembelajaran , tetapi sayangnya siswa belum dapat memanfaatan TIK (karena sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai).
4.         Kemmpuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Saya mampu memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. Tetapi belum semua siswa mau terlibat aktif dalam pembelajaran.
5.         Kemampuan  bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran




Saya berusaha menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pembelajaran. Tetapi masih ada beberapa siswa yang belum bisa memahami apa yang saya sampaikan, sehingga saya tambahkan dengan bahasa jawa ngoko dan bahasa kromo inggil.
Kegiatan Penutup

1.         Ketrampilan  mengakhiri pembelajaran dengan efektif
Saya berusaha untuk mengakhiri pembelajaran dengan efektif, tetapi kadang-kadang karena terlalu asyik di kelas, lupa bahwa waktunya sudah bel, sehingga kadang-kadang di akhir pelajaran belum melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
III. Penilaian Pembelajaran
1.         Perancangan  alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
Saya sudah mampu merancang alat evaluasi dengan baik untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan siswa.

2.         Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
Saya sudah berusaha untuk menerapkan strategi dan metode penilaian dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dapam RPP, meski kadang kala karena terkendala waktu yang terkadang beberapa kali ada kegiatan sekolah yang mengambil jam pelajaran efektif.
3.         Pemanfaatan  berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Saya sudah berusaha untuk memanfaatkan hasil penilian untuk memberikan umpan balik bagi siswa tentang kemajuan belajar dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selajutnya.
B.       Berbagai hal terkait dengan pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti tersebut

1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut.
Saya selalu mencari dari berbagai sumber baik dari buku, media, bertanya kepada teman sejawat , mengikuti kegiatan MGMP dan mengikuti pelatihan-pelatihan .
2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut.
Belum lengkapnya format baku mengenai perangkat guru, sehingga saya merasa kebingungan atau ragu-ragu dalam menggunakan apabila mendapatkan format dari berbagai sumber.
3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut
Mendapatkan ilmu atau pengetahuan baru guna meningkatkan wawasan  guru 
4.       Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru)  tersebut.
Kegiatan MGMP, seminar, pelatihan dan IHT Penyusunan bahan ajar
C.       Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah

1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Mengikuti pelatihan, bertanya, belajar dari berbagai media atau buku, membuat buku penganyaan, dan membuat PTK.
2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Kemauan dan keterbatasan referensi yang saya miliki
3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Mampu meningkatkan pengetahuan dan ilmu baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menghasilkan publikasi ilmiah.
4.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
Mengikuti pelatihan, diklat, IHT  Publikasi Ilmiah di sekolah, dan diklat pada lembaga kursus dan pelatihan.
D.      Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif

1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
Mengikuti pelatihan, bertanya pada sesama teman, belajar dari berbagai media atau buku.
2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
Keterbatasan referensi yang dimiliki guru, dan keterbatasan waktu.
3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan karya inovatif
Mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang baru sehingga mampu meningkatkan kemauan dan kemampuan guru dalam membuat karya inovatif
4.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
Mengikuti pelatihan, belajar dari berbagai media atau buku , mengikuti IHT karya inovatif di sekolah
E.       Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)

1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
Saya berusaha banyak membaca buku , mempelajari aturan-aturan terkait, bertanya kepada teman sejawat , mengikuti Kegiatan MGMP, dan meng update informasi di internet.
2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.
Waktu, dan kesempatan
3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
Tambah pengetahuan dan pengalaman dalam meningkatkan pembelajaran yang berkualitas
4.       Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
IHT, TIK , Penilaian Kurtilas
F.       Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)

1.       Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
Saya berusaha banyak membaca buku , mempelajari aturan-aturan terkait, bertanya kepada teman sejawat, mengikuti Kegiatan MGMP, dan meng update informasi
2.       Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
Keterbatasan referensi yang dimiliki guru, dan keterbatasan waktu.
3.       Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
Mampu meningkatkan pengetahuan dan ilmu baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas tambahan.
4.       Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
Kegiatan MGMP, seminar, pelatihan dan IHT Penyusunan bahan ajar


Mengetahui,
Kepala Sekolah


Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.19630530 199512 1 001

Girimarto,    Juli 2017


Guru Mapel Bahasa Indonesia


Dra. Endang sulistyorini
NIP. 19650311 200212 2 003

 




Format 2:  Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru
Nama Sekolah: SMP Negeri 3 Girimarto
Nomor Statistik Sekolah: 201031224152
Alamat: Nungkulan
Kecamatan:  Girimarto
Kabupaten/Kota: Wonogiri
Nama Guru: Dra. Endang Sulistyorini
Tahun Ajaran: 20162017
Tanggal:     Juli 2017
 Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan kompetensi terkait dengan indikator kinerja guru
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
1
2
3
4
5
6
a
b
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.       Kemampuan memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
Saya akan merumuskan  tujuan pembelajaran dalam RPP menggunakan kata kerja yang jelas.
V
V





2.       Kemampuan menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi
Saya akan belajar menyusun
sumber bahan ajar dengan belajar dari berbagai sumber, dan mengikuti IHT penyusunan bahan ajar di sekolah


V




3.       Kemampuan merencanakan kegiatan pembelajaran yang  efektif
Saya akan menyusun kegiatan pembelajaran yang  efektif

V





4.       Pemiilihan  sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
Saya akan memilih sumber belajar/ media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran, serta sesuai dengan karakteristik peserta didik di sekolah tempat saya bertugas.

V





II. KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
Kagiatan Pendahuluan








1.         Ketrampilan memulai pembelajaran dengan efektif
Saya akan memulai pembelajaran dengan efektif
V






Kegiatan Inti








1.         Penguasaan materi pelajaran
Saya akan terus belajar agar menguasai materi pembelajaran yang saya berikan.
V






2.         Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
Saya akan memilih pendekatan/ strategi pembelajaran yang efektif dengan mengevaluasi upaya yang telah saya lakukan.

V





3.         Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
Saya akan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran , serta akan melibatkan siswa  dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran dengan cara :  belajar dengan guru lainnya dan akan melaksanakan pelatihan ditingkat sekolah ,

V
V

 





4.         Kemampuan memacu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Saya akan terus memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.
V






5.         Kemampuan  bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
Saya akan terus meningkatkan kemampuan berbahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran.
V
V





Kegiatan Penutup








1.         Ketrampilan  mengakhiri pembelajaran dengan efektif
Saya akan berusaha untuk dapat mengakhiri pembelajaran dengan efektif.
V






2.         Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
Saya akan berkomunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
V
V
V




III. PENILAIAN PEMBELAJARAN








1.         Perancangan  alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
Saya akan merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik dengan bekerjasama dengan guru lain yang serumpun.
V
V





2.         Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
Saya akan menerapkan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP dengan cara bekerjasama dengan guru lain yang serumpun.
V
V





3.         Pemanfaatan  berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Saya akan memanfaatan  berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
V






A.    Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah
Saya masih merasa belum mampu menghasilkan publikasi ilmiah, dan akan terus belajar dengan guru yang sudah mampu, dan mengikuti IHT publikasi ilmiah di sekolah

V
V




B.    Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif
Saya belum mampu menghasilkan karya Inovatif sehingga perlu terus belajar dari berbagai sumber dan  mengikuti IHT Karya inovatif di tingkat sekolah/ tingkat Kabupaten


V




C.    Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)
Saya masih banyak  belajar tetang penguasaan TIK  sehingga saya masih perlu mengikuti IHT TIK di sekolah


V




D.    Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)









Tanda tangan Kepala Sekolah:

Mengetahui,
Kepala Sekolah

Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.19630530 199512 1 001


Tanda tangan Guru:
Wonogiri,    Juli 2017

Guru Mapel Bahasa Indonesia

Dra. Endang Sulistyorini
NIP. 19650311 200212 2 003

 

Catatan:
1.       Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan oleh guru sendiri
2.       Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan bersama guru lain
3.       Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di sekolah
4.       Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di KKG/MGMPMGBK
5.       Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan oleh institusi selain sekolah atau KKG/MGMP/MGBK
6.       Kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasikan oleh Disdik untuk dipertimbangkan.












Format 3:  Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Koordinator Pengembangan KeprofesianFormat 3:  Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Nama Sekolah: SMP Negeri 3 Girimarto
Nomor Standar Sekolah: 201031224152
Alamat: Nungkulan Girimarto
Kecamatan: Girimarto
Kabupaten/Kota: Wonogiri
Tahun Ajaran: 2016/2017
Tanggal:
No
Nama Guru
DIMENSI/TUGAS UTAMA GURU
Kompetensi
menghasil Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
Kompetensi
penunjang pembelajaran berkualitas
Kompetensi
melaksanakan tugas tambahan
Perencanaan
Pelaksanaan Pembelajaran

Penilaian
Pd
Inti
Pt

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14



1
Drs. M. IRIANTO MEWAL, M.Pd.
4
3
3
3
3
4
4
4
4
3
4
3
4
3



2
SARYANTI, S.Pd.
4
3
3
4
3
3
3
4
4
4
4
4
3
3



3
Drs. BASUKI RAHMADI
3
4
3
4
3
4
2
4
4
4
4
4
3
2



4
Dra. ENDANG SULISTYORINI
4
4
3
4
3
4
2
3
4
4
4
2
3
4



5
HARDJOKO, S.Pd.
4
4
3
4
2
4
2
3
4
4
4
4
3
2



6
Dra. NARTI
3
4
4
4
4
3
3
4
4
3
4
3
2
2



7
HARJANI RETNO M, S.Pd.
3
4
2
4
4
4
3
4
3
3
4
3
2
4



8
BAMBANG ISDIYANTO, S.P.
4
3
3
4
3
3
2
4
4
4
4
4
3
3



9


















10




















Diketahui oleh Kepala Sekolah:



Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.19630530 199512 1 001

Tanda tangan Koordinator
Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan:



Dra. Narti
NIP. 19660622 200501 2 002



Format 4:  Format Refleksi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh bersama-sama antara Guru dan Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Nama Sekolah:SMP Negeri  3 Girimarto
Nomor Statistik Sekolah: 201031224152
Alamat: Nungkulan, Girimarto
Kecamatan: Girimarto
Kabupaten/Kota: Wonogiri
Nama Guru: Dra. Endang Sulistyorini
Tahun Pelajaran: 2016/2017
Tanggal:
BAGIAN A : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
1.    Apakah kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan?  Kalau tidak, apa sebabnya?
sudah
2.    Portofolio kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan ada/tidak, lengkap/tidak?
Ada, lengkap
3.    Apakah guru sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri selama 1 tahun terakhir?
Iya
4.    pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih dibutuhkan menurut guru dan/atau berdasarkan data dari sumber lain
IT (Komputer)  
Kursur Bahasa Inggris                                                                                                                   
BAGIAN B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BERSAMA-SAMA DENGAN GURU
1.    Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi guru
untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta kepribadian yang kuat sesuai dengan profesinya yang bermartabat, menarik, dan pilihan yang kompetitif agar mampu menghadapi perubahan internal dan eksternal dalam kehidupan abad 21 selama karirnya.
2.    Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatkan kemampuan guru untuk menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif
karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, sains/teknologi, dan seni. 
3.    Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Guru
Memotivasi guru-guru untuk tetap memiliki komitmen melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.
4.    Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Sekolah

5.    Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat menunjang peningkatan kualtas peserta didik

BAGIAN B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Apakah guru sudah siap untuk mengajukan permohonan untuk kenaikan pangkat?                                                             Sudah/Belum(coret salah satu)
Penjelasan dari jawaban yang diberikan
Tanda tangan Guru :
 Guru Mapel Bahasa Indonesia





Dra. Endang Sulistyorini
NIP. 19650311 200212 2 003

Tanda tangan Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan:




Dra. Narti
 NIP. 19660622 200501 2 002

Tanda tangan Kepala Sekolah:





Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP.19630530 199512 1 001



Format 5     :  Deskripsi Diri sehubungan dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri)

Nama Sekolah:
SMP Negeri 3 Girimarto
Nomor Standar Sekolah: 201031224152

Alamat:
Nungkulan, Girimarto
Kecamatan:
Girimarto
Kabupaten/Kota:
Wonogiri

Nama Guru:
Dra. Endang Sulistyorini
Tahun Pelajaran:
2016/2017

Nama Koordinator PKB :
Dra, Narti
Tanggal:
...................................................................................................................

1.    Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan selama satu tahun terakhir dalam upaya pengembangan kompetensi guru.
1)       Kegiatan .................................................................................................
Lama kegiatan .......................................................................................
Tempatkegiatan ....................................................................................
Tujuan kegiatan ....................................................................................
Strategi pelaksanaannya .......................................................................
Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
2)       Kegiatan .................................................................................................
Lama kegiatan .......................................................................................
Tempatkegiatan  ..................................................................................
Tujuan kegiatan .....................................................................................
Strategi pelaksanaannya .......................................................................
Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
3)       Kegiatan .................................................................................................
Lama kegiatan .......................................................................................
Tempatkegiatan ....................................................................................
Tujuan kegiatan .....................................................................................
Strategi pelaksanaannya .......................................................................
Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................
  • .....................................................................................................

2.    Secara umum, kesesuaian materi berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut terhadap mata pelajaran yang diampu (jelaskan alasannya)
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
.........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................

3.    Secara keseluruhan, manfaat kegiatan pengembangan diri tersebut bagi:
Diri guru:
akan dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif  sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang.

Peserta didik:
 Dengan adanya pelaksanaan PKB, maka peserta didik memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang efektif.

Sekolah:
Sekolah/Madrasah akan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi peserta didik.

4.    Dampak dari kegiatan pengembangan diri tersebut terhadap:





Diri guru:
Meningkatnya pengetahuan guru tentang pengembangan kurikulum, pendidikan budaya karakter bangsa, dan pendidikan konservasi alam

Peserta didik:
Mendapatkan pelayanan dan pengalaman belajar yang efektif untuk meningkatkan potensi dirinya secara optimal Sekolah: Sebagai dasar membuat kebijakan pengembangan sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan melalui kualitas pelayanan

Sekolah:
Sekolah/Madrasah akan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi peserta didik.

5.    Secara umum, permasalahan yang dihadapi dalam meng-implementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut
Secara umum, permasalahan yang dihadapi dalam mengimplementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut Banyaknya program yang dikembangkan sekolah dalam upaya meningkatkan pelayanan mutu proses dan hasil pembelajaran, menyebabkan besarnya anggaran biaya operasional sekolah. Beberapa guru yang belum memenuhi standar kualifikasi pendidikan dan diantaranya berkinerja buruk mengganggu stabilitas pelayanan belajar dalam kelas tertentu.

6.    Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut
Mensosialisasikan hasil kegiatan pengembangan diri di luar sekolah melalui kegiatan kolektif guru (KKG) dan pelatihan-pelatihan lainnya


7.    Upaya yang dilakukan untuk mensosialisasikan/-mendiseminasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar sekolah
Upaya yang dilakukan untuk mensosialisasikan/ mendiseminasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri kepada teman sejawat di dalam dan/ atau di luar sekolah Mensosialisasikan hasil kegiatan pengembangan diri di sekolah melalui kegiatan IHT (in house training), group discusion (diskusi bersama para guru), pembimbingan seusai supervisi (post supervisi klinis)

8.    Jelaskan kegiatan atau upaya  lain yang tidak termasuk unsur kegiatan pengembangan diri tetapi mendukung peningkatan kompetensi guru atau membantu memperlancar upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah
upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah Saling bertukar pengalaman dengan teman sejawat dalam kegiatan pengembangan bahan ajar, pengembangan model pembelajaran, serta pembuatan peraga dengan memanfaatkan ICT dalam tampilan power point



Tanda tangan Guru : Guru Mapel Bahasa Indonesia





Dra. Endang Sulistyorini
NIP. 19650311 200212 2 003

                      
                            Girimarto,
Mengetahui,
Koordinator PKB




Dra. Narti

NIP. 19660622 200501 2 002





 


 



1.       Isilah semua informasi yang dibutuhkan  dengan benar pada format Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang tersedia.
2.       Format 1. merupakan instrumen evaluasi diri  untuk rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Format evaluasi diri diisi guru dengan kekuatan dan kelemahan terhadap penguasaan kompetensi  terkaitsebelum melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jika ada, evaluasi diri tersebut dapat diperkuat dengan eviden (bukti) yang dapat memperkuat pernyataan kekuatan dan kelemahan dari kompetensi terkait.
3.       Format 2. merupakan instrumen rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang akan dilakukan guru.
Format ini diisi oleh guru bersama dengan koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan di sekolah. Kolom Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan guru diisi dengan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dibutuhkan berdasarkan   hasil evaluasi diri guru. Misalnya pada format 1 guru menuliskan evaluasi diri pada kompetensi pedagogic no 2 “ belum dapat membedakan model, strategi, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran”  maka pada format 2 dijelaskan rencana guru dalam meningkatkan kompetensi tersebut.Kolom strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan diisi dengan ceklist (√) sesuai dengan rencana guru dalam melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. (lihat catatan di bagian bawah format 2)
4.       Format 3.  merupakanrekapitulasi rencana final pengembangan  keprofesian berkelanjutan untuk semua guru di sekolah.
Format ini diisi oleh koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan.  Kolom kompetensi, kompetensi yang menghasilkan Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif, kompetensi penunjang pembelajaran berkualitas dan kompetensi melaksanakan tugas tambahan diisi dengan tanda ceklist ( √ ) berdasarkan data rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan masing-masing guru sebagaimana tercantum dalam format 2.
5.       Format 4. merupakan format refleksi guru setelah mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Bagian A. diisi oleh koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan sesuai program, bukti fisik/portofolio individu guru yang mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan  dan hasil pengamatan terhadap usaha guru dalam mengembangkan diri serta  pengembangan keprofesian berkelanjutan  yang masih dibutuhkan guru.
Bagian B. diisi oleh guru yang dinilai bersama koordinator PKB berkaitan dengan dampak/hasil pelaksanaan peningkatan kompetensi yang telah dilakukan oleh guru.
Bagian C diisi dengan kesiapan guru dalam permohonan kenaikan pangkat.
6.  Format 5. Merupakan format deskripsi diri guru sehubungan dengan kegiatan pengembangan diri yang diikutinya selama satu tahun terakhir.Format ini diisi dan ditandatangani oleh guru.
a.      Butir 1 diisi dengan berbagai kegiatan pengembangan diri yang diikuti guru selama satu tahun terakhir. Untuk masing-masing kegiatan harus dilengkapi dengan informasi sebagai berikut: 
·       Lama kegiatan .................... (diisi dengan lama pelaksanaan kegiatan yang diikuti).
·       Tempat kegiatan.................(diisi dengan tempat pelaksanaan kegiatan yang diikuti).
·       Tujuan kegiatan .............................. (diisi dengan tujuan kegiatanyang diikuti).
·  Strategi pelaksanaannya ............. (diisi dengan strategi bagaimana kegiatan ini dilaksanakan, apakah secara mandiri atau kelompok, di sekolah atau di luar sekolah (KKG/MGMP), dengan bantuan kepakaran lain (Misalnya dari universitas, P4TK, penyedia jasa pelatihan/layanan lainnya).
·       Cakupan materi esensial dari kegiatan pengembangan diri tersebut (diisi dengan materi esensial apa saja yang diberikan dalam kegiatan yang diikuti).
b.  Butir 2 diisi dengan pendapat guru tentang kesesuain materi dari berbagai kegiiatan pengembangan diri tersebut terhadap mata pelajaran yang diampu, dan apa alasannya.
c.    Butir 3 diisi dengan pendapat guru dan/atau sekolah tentang manfaat dari berbagai kegiatan pengembangan diri yang diikuti baik bagi dirinya, peserta didik, maupun bagi sekolah secara keseluruhan.
d.    Butir 4 diisi dengan pendapat guru dan/atau sekolah tentang dampak dari berbagai kegiatan pengembangan diri yang diikuti terhadap dirinya, peserta didik, maupun bagi sekolah secara keseluruhan.
e.   Butir 5 diisi dengan pendapat guru tentang permasalahan yang dihadapinya dalam meng-implementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
f.   Butir 6 diisi dengan pendapat guru tentang upaya yang dilakukannya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengimplementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
g.     Butir 7 diisi dengan pendapat guru tentang upaya yang dilakukannya untuk mensosialisasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar sekolah.

h.    Butir 8 diisi dengan informasi tentang kegiatan atau upaya  lain yang diikuti atau dilakukan guru, tetapi kegiatan lain tersebut tersebut mendukung peningkatan kompetensi guru atau membantu memperlancar upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini