KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL
MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA KELAS VIII (KTSP)
SMP NEGERI 3 GIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
NO
|
JENIS
|
|
1
|
Menanggapi
isi laporan
|
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat menentukan tanggapan sesuai dengan laporan
|
1
|
PG
|
|
Disajikan
cuplikan laporan,siswa dapat menentukan struktur laporan perjalanan
|
2
|
PG
|
||
|
|
|
Disajikan
cuplikan laporan,siswa dapat menentukan isi laporan
|
3
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
cuplikan laporan,siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai isi laporan
|
4
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
cuplikan laporan tidak berurutan,siswa dapat menentukan urutan laporan dengan
benar
|
5
|
PG
|
|
2
|
Menyampaikan
laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
Disajikan
cuplikan laporan,siswa dapat menentukan saran yang sesuai dengan laporan
|
6
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
cuplikan laporan,siswa dapat menentukan inti laporan
|
7
|
PG
|
|
3
|
Mengungkapkan
berbagai informasi melalui wawancara
|
Siswa
dapat menentukan pertanyaan dalam wawancara dengan menggunakan bahasa yang
santun
|
8
|
PG
|
|
Disajikan
teks wawancara, siswa dapat menentukan permasalahan yang ditanyakan
|
9
|
PG
|
||
|
Disajikan
cuplikan wawancara, siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai dengan
jawaban
|
10
|
PG
|
||
|
Disajikan
teks wawancara, siswa dapat menentukan pertanyaan yang sesuai
|
11
|
PG
|
||
|
|
|
Disajikan
ilustrasi , siswa dapat menentukan daftar pertanyaan yang diajukan
|
12
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan kata sapaan dengan tepat
|
13
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
cuplikan laporan,siswa dapat menentukan isi laporan
|
14
|
PG
|
|
4
|
Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan tema dengan tepat
|
15
|
PG
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan karakter tokoh cerita
|
16
|
PG
|
||
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan tahapan alur
|
17
|
PG
|
||
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan bagian dari drama
|
18
|
PG
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan sumber penulisan drama dengan tepat
|
19
|
PG
|
||
|
|
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan peristiwa yang tepat untuk didramakan
|
20
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan bagian alur dalam cerita
|
21
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan konflik dengan tepat
|
22
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan pengembangan konflik dengan tepat
|
23
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat melengkapi dialog dengan tepat
|
24
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan tanda baca dalam teks drama
|
25
|
PG
|
|
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan tema drama
|
26
|
PG
|
|
5
|
Menganalisis
laporan
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan laporan berdasarkan pola urutan waktu
|
27
|
PG
|
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan saran laporan dengan tepat
|
28
|
PG
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan kalimat saran
|
29
|
PG
|
||
|
Disajikan
penggalan laporan, siswa dapat menentukan bagian-bagian dalam laporan
|
30
|
PG
|
||
|
6
|
Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca memindai
|
Disajikan
denah, siswa dapat menentukan kalimat
yang tepat sesuai denah
|
31
|
PG
|
|
7
|
Menanggapi
unsur pementasan drama
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menetukan topik drama
|
32
|
PG
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menetukan bagian drama
|
33
|
PG
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menetukan latar
dengan tepat
|
34
|
PG
|
||
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan dialog yang tepat
|
35
|
PG
|
||
|
|
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan nada dalam drama dengan tepat
|
36
|
PG
|
|
Disajikan
penggalan cerita, siswa dapat menentukan isi cerita
|
37
|
PG
|
||
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan bagian-bagian dalam drama
|
38
|
PG
|
||
|
Disajikan
penggalan drama, siswa dapat menentukan tokoh dalam drama
|
39
|
PG
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan kerangka laporan
|
40
|
PG
|
||
|
8
|
Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan istilah
drama
|
1
|
Isian
singkat
|
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan bagian dalam drama
|
2
|
Isian
singkat
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat melengkapi pengertian jenis-jenis drama
|
3
|
Isian
singkat
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan jenisdrama
|
4
|
Isian
singkat
|
||
|
|
Menganalisis
laporan
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan bagian dalam drama
|
5
|
Isian
singkat
|
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan tokoh dalam drama
|
6
|
Isian
singkat
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan bagian dalam drama
|
7
|
Isian
singkat
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan bagian dalam denah
|
8
|
Isian
singkat
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan bagian dalam laporan
|
9
|
Isian
singkat
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan bagian dalam laporan
|
10
|
Isian
singkat
|
||
|
9
|
Menyampaikan
laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan hal-hal dalam penyampaian laporan
|
1
|
Uraian
|
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan sistematika penulisan sinopsis
|
2
|
Uraian
|
||
|
Siswa
dapat menyebutkan pengertian istilah-istilah dalam drama
|
3
|
Uraian
|
||
|
Siswa
dapat membedakan dua jenis drama
|
4
|
Uraian
|
||
|
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat membuat laporan kegiatan
|
5
|
Uraian
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3
Girimarto
Drs. M. Irianto Mewal, M.Pd.
NIP. 19630530 199512 1
001
|
Giirimarto, Agustus 2017
Guru Bahasa Indonesia
Dra. Endang Sulistuyorini
NIP. 19650311 200212 2
003
|
Komentar
Posting Komentar